Wednesday, February 3, 2010

Ibadah antara Maghrib dan Isya

Disini saya ingin menjelaskan tentang keutamaan waktu antara maghrib dan isya. Setelah shalat maghrib disunahkan untuk beribadah, seperti membaca al-Quran atau berdzikir kepada Allah. Dahulu orang – orang tua di kampung saya membaca surat Yasin, al-Waqiah, dan al-Mulk. Ketiga surah ini dibaca sambil menunggu waktu Isya datang. Nabi pernah bersabda:

من صل بعد المغرب ست ر كما ت لا يفصل بئهن بكلا مءد لن له ءبا د ة ا ثنتئ ءشر ة سنة
“ Barangsiapa shalat enam rakaat sesudah maghrib, tidak diselingi antaranya dengan suatu pembicaraan, niscaya samalah pahalanya dengan ibadah dua belas tahun”.

Jadi maksudnya disini waktu antara maghrib dan isya adalah waktu yang mulia. Maka kita berusahalah untuk dapat beribadah diwaktu ini, bacalah surah Yasin, al-Waqiah, dan al-Mulk. Karena ketiga surat ini memiliki faedah yang banyak.

Rasulullah bersabda, “Yasin itu hatinya al-Quran. Tidak seorang pun membacanya dengan niat mengarahkan dirinya kepada Allah dan hari akhirat, melainkan diampuni Allah dosanya”. Membaca surah al-Mulk setiap malam juga dianjurkan. Rasulullah bersabda “dia adalah surah yang mengandung berbagai manfaat, dan menyelamatkan manusia dari azab kubur”. Dan surah al-Waqiah Rasul bersabda “Barang siapa membacanya setiap malam niscaya tidak akan menjadi papa(miskin)”.

So, daripada kita waktu maghrib menonton tv, mendengarkan radio, ataupun kegiatan lainnya yang tidak berguna lebih baik kita manfaatkan waktu kita untuk beribadah kepada Allah. Karena kita hidup hanya sekali dan jangan sia-siakan hidup ini.

0 comments: