Monday, February 15, 2010

Manfaat Shalat bagi Kesehatan

Teman - teman, saya akan menjelaskan manfaat shalat untuk kesehatan. Tulisan ini saya dapatkan dari buku yang saya baca.
Ayo kita baca.

Manfaat Shalat bagi kesehatan

Menurut Dr. Faris Aazuri, ahli penyakit urat syaraf dan persendian yang bekerja di slah satu universitas di Amerika serikat: sesungguhnya shalat yang dilakukan oleh kaum muslimin, yang didalamnya terdapat gerakan ruku dan sujud memiliki manfaat besar. Kedua gerakan tersebut berfungsi untuk menguatkan punggung dan mampu melenturkan urat-urat yang ada di sekitar punggung. Hal ini akan lebih dirasakan manfaatnya jika seseorang melakukan shalat sejak usia dini. Kebiasaan shalat akan mencegah seseorang terserang penyakit yang disebabkan oleh melemahnya urat. Kondisi urat yang lemah ini akan mengakibatkan timbulnya rasa sakit luar biasa.

Menurut Dr. Musthofa Al Haffar: posisi sujud memiliki pengaruh dan manfaat yang besar bagi kaum ibu. Selain itu, gerakan sujud yang biasa dilakukan muslimin dalam shalatnya juga memiliki manfaat yang besar. Di antaranya menekan udara yang ada di dalam perut menuju mulut. Kondisi itu sangat bagus bagi kesehatan seseorang.

Menurut Dr Abdurrahman Al Umari: shalat yang dikerjakan seseorang memiliki pengaruh dan manfaat yang sangat besar bagi keseimbangan jasmani manusia, selain pengaruhnya yang sangat besar terhadap kondisi rohani seseorang. Seorang yang mengerjakan shalat akan mendapatkan ketentraman dan ketenangan. Kondisi jiwa yang demikian sangat berpengaruh terhadap keseimbangan produksi hormone dalam tubuh. Keseimbangan antara rohani dan jasmani akan membuat organ tubuh seseornag bekerja dengan baik. Kondisi ini akan memperlambat proses penuaan yang terjadi dalam tubuh.

Nah banyak kan manfaatnya, jadi teman-teman selain shalat sebagai ibadah. Shalat juga berguna untuk kesehatan, itulah kenapa Rasul dan para sahabat memiliki badan sehat. Ya karena rajin shalat, juga shalat itu bisa membuat ketenangan bila kita khusyu menjalankannya.

0 comments: