Tuesday, February 9, 2010

Saya akan membicarakan tentang shalat. Shalat adalah rukun islam yang kedua setelah syahadatain. Shalat menurut bahasa artinya “doa”. Sedangkan menurut syariat, yang dimaksud dengan shalat adalah “ibadah yang terdiri dari perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan khusus yang dibuka dengan takbir kepada Allah(takbiratul ihram) dan ditutup dengan salam”. Keutamaan-keutamaan shalat adalah
1.Shalat adalah rukun islam kedua : Rasulullah saw. Bersabda ,”islam dibangun di atas lima fondasi yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji”.

2.Shalat adalah Munajat ( komunikasi dan hubungan langsung) antara seorang hamba dengan Tuhannya : istimewanya shalat adalah tempat kita meminta langsung kepada Allah tanpa perantara! Rasulullah bersabda “ sesungguhnya salah seorang dari kalian apabila berdiri shalat, maka ia sedang bermunajat dengan Tuhannya” (HR Bukhari). Makanya sering-seringlah kita bermunajat kepada Allah lewat shalat.

3.Shalat adalah penolong dalam kesulitan dan pencegah dari maksiat

4.Shalat adalah cahaya bagi orang-orang beriman yang memancar dari dalam hatinya dan akan menyinarinya ketika di padang mahsyar.

5.Kalau diibaratkan sebuah bangunan, shalat itu adalah tiangnya. Rasulullah bersabda, “pokok utama setiap urusan adalah islam, sedangkan tiangnya adalah shalat(HR Ahmad)

6.Shalat adalah perkara pertama kali yang diperhitungkan pada hari kiamat: Rasulullah bersabda, “ Amalan pertama yang akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalat. Jika shalatnya baik, maka baiklah seluruh amalnya dan apabila rusak maka ruskalah seluruh amalnya”(HR Thabrani)

7.Shalat merupakan ikatan islam yang terakhir hilang dari muka bumi: Rasulullah besabda, “sungguh akan terurai tali islam pintalan demi pintalan, di saat telah terlepas satu pintalan maka manusia berpegang teguh pada pintalan berikutnya. Maka pintalan yang pertama kali terlepas adalah hokum (syariat) dan pintalan yang terlepas paling akhir adalah shalat”(HR Al Hakim)

8.Jika shalat dikerjakan oleh semua keluarga, maka akan lahir generasi-generasi yang baik : Allah berfirman yang artinya “Dan perintahkanlah keluargamu dalam melaksanakan shalat dan sabar dalam mengerjakannya” . maksudnya kebersamaan waktu mengerjakan shalat mencerminkan kalau keluarga itu berisi orang-orang saleh yang dibina oleh nilai-nilai shalat.

0 comments: